INFO KARIMUNJAWA

[Info Karimunjawa][bleft]

PAKET KARIMUNJAWA

[Paket Karimunjawa][bsummary]

OPENTRIP

[Open Trip][bleft]

22 Tempat Wisata Menarik Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa, merupakan gugusan pulau yang membentang di sebelah utara pulau Jawa termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, serta terdiri dari 27 pulau. Kepulauan Karimunjawa kaya akan biota laut yang masih alami dan panorama alamnya yang begitu indah. Sebuah fakta terungkap, para pecinta wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing, bahwa pulau Karimunjawa menjadi obyek wisata bahari terfavorit. Memiliki beragam julukan diantaranya, Pulau Liburan, The Paradise of  Java, Caribbean Van Java, Maldives-nya Indonesia dll, dengan sebagian pulau berpenghunani dan banyak pulau yang tak berpenghuni. Lets enjoy the beauty of  Karimunjawa.

1. PULAU MENJANGAN BESAR (Penangkaran Hiu)
Pulau Menjangan Besar Karimunjawa, pulau Menjangan Besar terletak disebelah barat daya pulau utama dengan luas sekitar 56 hektar. Dipulau ini kita disuguhi keindahan panorama main Islands Karimunjawa yang terdapat pula atraksi yang dapat memacu adrenalin, yaitu berenang bersama ikan hiu. Hiu yang ditangkarkan disini merupakan species hiu karang, hiu yang ditangkarkan relatif jinak tapi terkadang bisa juga sangat buas sehingga anda perlu extra berhati-hati dan waspada untuk berenang bersama mereka, dengan catatan tangan harus diatas dan tidak mempunyai luka yang masih mengeluarkan darah. 
Dipenangkarang tersebut tidak hanya ada ikan hiu, tetapi juga terdapat hewan laut lainnya seperti bintang laut, penyu hijau dan ikan badut. Disamping penangkaran hiu, dipulau ini juga terdapat penangkaran elang dada putih. Spesies ini merupakan spesies langka di Indonesia yang hanya ditemukan di Kepulauan Karimunjawa saja. Disebelah timur pulau ini terdapat sebuah tanjung yang lebih dikenal dengan nama Tanjung Gantungan. Tanjung ini merupkan spot yang menarik dengan pasir putih yang menjorok kelaut sejauh + 20 meter dari bibir pantai. Spot ini juga merupakan tempat yang tepat untuk menikmati sunset karena suasana dan keindahan pasir putihnya.

2. PULAU MENJANGAN KECIL
Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa, pulau yang terletak disebelah barat pulau Menjangan Besar dengan luas sekitar 46 hektar. Pulau Menjangan Kecil sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana berupa penginapan resort, bangku taman, gazebo dan juga toilet umum.Setiap wisatawan yang hendak masuk ke pulau ini dikenakan bea masuk sebesar Rp. 10.000/orang dan juga dikenakan bea sandar kapal + Rp. 50.000 – 100.000/kapal sesuai ukuran kapal.


Pulau Menjangan Kecil memiliki pantai berpasir putih yang sangat cantik, berarus tenang dan mempunyai view berpanorama paling khas keindahanya diantara pulau-pulau lain serta sangat kontras dengan birunya air laut, sehingga sangat cocok untuk berburu foto maupun hanya sekedar bersantai di tepi pantai. Sedangkan diwilayah perairannya, pulau menjangan kecil merupakan spot snorkeling dan diving yang sangat populer. Hampir semua perairan disekeliling pulau terdapat berbagai macam jenis terumbu karan, terutama di taka antara pulau Menjangan Kecil dan pulau Menjangan Besar.

3. PULAU CEMARA BESAR
Pulau Cemara Besar Karimunjawa, pulau yang mempunyai luas sekitar 3,5 hektar ini mempunyai endapan pasir (gosong) yang terbentang luas disekitarnya, sehingga ketika air surut, akan nampak jelas garis pantai pasir putih seluas mata memandang. Disekitar pulau ini banyak dijumpai binatang laut jenis bulat (cent dolar), teripang dan ikan-ikan kecil. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengelilingi pulau ini. Pulau ini merupakan hak milik dari SUPM Tegal namun hingga saat ini belum berpenghuni dan masih alami. Diperairan pulau  Cemara Besar ini, wisatawan bisa berenang dan snorkeling. Diperairan dalam sekitar pulau dapat dijumpai karang mangkok yang unik. Bila anda penyuka keliner ekstrim, cobalah berburu bulu babi dan bisa dilahap mentah-mentah isinya.

4. PULAU CEMARA KECIL
Pulau Cemara Kecil Karimunjawa, pulau dengan luas 1,5 hektar ini terletak disebelah barat laut Karimunjawa. Pulau ini masih alami, belum ada pembangunan fasilitas pendukung. Seperti pulau-pulau lainnya di kepulauan Karimunjawa, pulau ini mempunyai pantai pasir putih dan juga perairan yang cocok untuk snorkeling. Pulau Cemara Kecil merupakan tempat favorit untuk bersantai menikmati panorama kepulaun Karimunjawa yang indah sembari piknik lunch BBQ atau bakar ikan sehabis aktifitas menyelam.

5. GOSONG CEMARA
Gosong Cemara Karimunjawa, penduduk lokal menyebutnya gosong karena merupakan daratan yang timbul ditengah laut ketika air laut surut. Oleh karenanya, perairan disekitarnya tidak terlalu dalam, sehingga cocok untuk snorkeling menikmati keindahan biota bawah laut. Beragam biota laut dan terumbukarang yang bagus-bagus dapat anda nikmati di sepot ini.

6. PULAU GELEANG
Pulau Geleang Karimunjawa, pulau dengan luas 24 hektar ini terletak di sebelah barat pulau utama. Pulau ini memiliki garis pantai yang membentang luas dengan gradasi pasir putih, cerahnya langit dan birunya laut yang menambah keindahan pantainya. Dipulau ini anda dapat berkeliling pulau, berenang dan bakar ikan. Bagi anda yang suka camping, pulau Geleang bisa dijadikan opsi untuk camping karena struktur pulau ini sangat mendukung. Namun sebelum berkemah disana, pastikan anda sudah menyewa perahu untuk transportasi menuju dan kembali dari pulau ini, karena jaraknya cukup jauh dari pulau utama. Pulau ini sangat nyaman untuk santap siang sehabis snorkeling. Panoramanya yang khas wisata pantai sangat cocok untuk liburan musim panas anda.
Selain landscape yang tertata rapi dan bersih, pulau ini juga mempunyai  suhu udara yang sejuk karena banyak pohon-pohon besar yang tumbuh diatas tanahnya. Pulau ini juga merupakan tempat hunting foto yang menarik karena terdapat satu pohon bakau yang tumbuh ditengah laut dan beberapa ekosistem alami pulau yang sayang jika dilewatkan. Namun anda harus berhati-hati ketika mengeksplorasi pulau, karena masih terdapat ikan pari diperairan dangkal dipulau ini.

7. TANJUNG GELAM
Tanjung Gelam Karimunjawa, pantai tanjung Gelam merupakan bagian dari pulau utama Karimunjawa yang bisa ditempuh dengan jalan darat maupun jalur laut. Pantai ini mempunyai pasir pantai putih dan sangat lembut dengan gradasi air laut yang eksotis. Disebelah timur pantai ini, tedapat batuan karang yang menambah bagus pantai ini. Pantai Tanjung Gelam ini sangat bagus untuk hunting foto sunset di sore hari tempat ini sangat terkenal akan panorama matahari tenggelam. Dari jalur darat pantai ini bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota dan sedikit trecking untuk mencapai bibir pantai, sedangkan dari jalur laut pantai ini bisa dicapai sekitar 30 menit perjalanan. Dengan bibir pantainya yang menghadap ke barat, maka bagian barat dari pulau utama Karimunjawa ini dijadikan sebagai destinasi di akhir tour lautuntuk dapat menikmati keindahan matahari terbenam. Didukung dengan daya tarik yang ada, membuat Tanjung Gelam semakin pas bagi para wisatawan untuk mangabadikan keeksotisan pulau ini dalam foto.

8. PULAU TENGAH
Pulau Tengah Karimunjawa, pulau dengan luas 4 hektar ini merupakan hak milik dari PT. Raja Besi. Pulau ini sudah tertata rapi, sudah mempunyai dermaga untuk bersandar kapal yang merapat dan sudah tersedia resort. Dipulau ini juga terdapat warung yang menjual es kelapa muda, gorengan dan bakso ikan tusuk, sangat enak disantap setelah snorkeling. Pulau ini mempunyai 5 resort dengan harga sewa Rp. 700.000 – 800.000/malam. Bila anda menginginkan ketenangan dan jauh dari keramaian, disinilah tempatnya yang cocok untuk menginap. Anda juga bisa bersnorkeling di perairan sekitar pulau ini dimana banyak ditemukan terumbu karang yang masih sehat dan dalam keadaan baik. Selain snorkeling, anda juga bisa berenang dan bermain-main dengan ikan-ikan yang ditangkarkan dipulau ini. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah mengelilingi pulau, karena luasnya tidak begitu besar hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit untuk mengelilinginya.

9. PULAU KECIL
Pulau Cilik Karimunjawa, sama halnya dengan pulau Tengah, pulau ini juga dimiliki oleh PT. Raja Besi. Luas pulau ini sekitar 2 hektar. Diperairan sekitar pulau ini banyak dijumpai terumbu karang yang masih bagus dan warna-warni terutama dibagian bawah dermaga. Diperairan ini pula banyak dijumpai ikan badut  dan anemon. Tipologi tanah dan tumbuhan dipulau ini hampir sama dengan pulau tengah namun pulau ini masih minim fasilitas. Kegiatan lain yang dapat dilakukan dipulau ini adalah berkeliling pulau, dan untuk mengelilinginya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.


10. GOSONG TENGAH
Gosong Tengah Karimunjawa, pulau ini merupakan endapan pasir di tengah lautan, yang oleh penduduk lokal disebut gosongan. Pulau ini sangat menarik karena disebut juga dengan “Pulau Timbul Tenggelam”, karena pulau ini hanya akan muncul kepermukaan sekitar pukul 9 pagi hingga 5 sore, selebihnya pulau ini akan tertutup air laut. Pulau ini sangat bagus untuk hunting foto, dengan background langit yang biru dan hamparan air laut yang kontras dengan pasir pantai yang putih. Bagi anda yang belum bisa berenang, perairan sekitar pulau ini tempat yang sesuai untuk belajar berenang, karena merupakan perairan dangkal dan berarus tenang.

11. PULAU SINTOK
Pulau Sintok Karimunjawa, pulau dengan luas 21 hektar ini terletak disebelah timur pulau Karimunjawa. Keindahan alam bawah laut dekat pulau Sintok ini menawarkan biota laut yang sangat beragam dengan jenis terumbukarang yang masih terlihat alami dan ikan hias yang beraneka warna membuat penyelaman snorkeling anda makin berkesan.

12. SPOT MAER NYAMPLUNGAN
Spot Maer dan Nyamplungan Hampir sama dengan Spot Taka Sendok dan Gosong Cemara, Spot ini juga menawarkan keindahan biota lautnya, tempat wisata Karimunjawa yang satu ini terkenal akan ikan hias dan terumbu karangnya, terletak pada bagian barat Kepulauan Karimun Jawa.

13. ALUN-ALUN KARIMUNJAWA
Jika kamu punya rencana untuk menghabiskan waktu beberapa hari di Karimun Jawa jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Alun-alun yang berada di Pulau Karimun Jawa. Alun-alun Karimun Jawa dikenal sebagi pusatnya kuliner seafood di Karimun Jawa. Di alun-alun ini kita sekaligus bisa membaur bersama warga lokal yang menghuni Pulau Karimun Jawa

14. HUTAN MANGROVE
Selain pantai, di kawasan pesisir desa Kemujan kita juga dapat mengunjungi tempat lain yang tidak kalah menarik yakni hutan mangrove. Di kawasan hutan mangrove di desa Kemujan ini terdapat track kayu sepanjang sekitar 2 km yang bisa digunakan para pengunjung untuk menikmati keindahan kawasan hutan mangrove. Jika sedang beruntung, kita juga akan bertemu dengan beberepa spesies binatang yang hidup di kawasan hutan mangrove.

15. PANTAI LEGON LELE
Pantai Legon Lele juga tak kalah keren dibandingkan pantai-pantai lain di Karimun Jawa. Di sekitar pantai terdapat banyak gosong (gundukan pasir di tengah laut) yang menjadi salah satu primadona di Karimun Jawa. Pantai ini secara keseluruhan juga tidak jauh berbeda dengan kebanyakan pantai yang ada di Karimun Jawa yakni berpasir putih dengan air laut yang jernih serta ombak yang sangat tenang

16. PANTAI BATU TOPENG
Pantai Batu Topeng merupakan sebuah pantai yang berada satu garis dengan Pantai Tanjung Gelam. Lokasi pantai ini berada di sebelah utara dari Pantai Tanjung Gelam. Suasana pantai ini juga tak jauh beda dengan Pantai Tanjung Gelam dimana ketika senja datang pemandangan di pantai ini akan berubah menjadi lebih indah dengan pendar cahaya oranye di ufuk barat. Di sekitar pantai ini terdapat batu-batu berwarna hitam yang nampaknya menjadi inspirasi untuk penamaan pantai ini.

17. PANTAI NIRWANA
Pantai Nirwana merupakan pantai terpanjang yang ada di Kepulauan Karimun Jawa. Lokasi pantai ini berada di sisi sebelah timur Pulau Karimun Jawa. Suasana di pantai ini sendiri tak jauh beda dengan beberapa pantai lain di Karimun Jawa dengan pemandangan pasir putih serta air laut yang jernih dan tenang. Ciri khas pantai ini adalah keberadaan pohon kelapa yang banyak tumbuh di pinggir pantai. Pemandangan dan suasana di Pantai Nirwana ini benar-benar “pantai banget”

18. PANTAI BARAKUDA
Barakuda merupakan sebuah pantai yang berada di desa Kemujan. Pantai ini berpasir putih dan memiliki pemandangan yang sangat cantik dengan pemandangan pulau-pulau di kejauhan sana. Dengan air laut yang terlihat sangat jernih dan tenang, pantai ini akan menggoda siapa saja untuk segera bercumbu dengan airnya. Keunikan pantai ini adalah keberadaan batu-batu hitam dengan bentuk yang unik. Jika ingin bermalam di desa Kemujan, di sekitar Pantai Barakuda terdapat penginapan berupa resort yang nampaknya cukup mahal

19. PANTAI ANORA
Pantai Annora adalah salah satu pantai yang terletak di Karimunjawa. Pantai ini tepatnya berada di Dusun Cikmas, di ujung utara Pulau Karimunjawa. Lokasinya kira-kira 7 km dari Pelabuhan Karimunjawa. Pantai Annora ini berdekatan dengan Pantai Yamin dan Pantai Kemloko. Pantai Annora memiliki panorama perbukitan yang indah, dengan pasir bersih yang berwarna kuning kecoklatan. Ombaknya tidak terlalu kencang namun kurang ideal untuk bermain air karena banyak batu karang. Di Pantai Annora ini juga terdapat gosong yang menjadi tempat kapal-kapal untuk berlabuh. Di tempat ini, Anda juga dapat menemukan banyak ayunan kayu di tengah laut yang tampak sederhana. Ayunan kayu ini menjadi spot foto favorit para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Annora ini. Walaupun fasilitas di pantai ini masih minim, namun sudah ada beberapa warung yang buka sehingga Anda tak usah takut bila butuh makanan atau cemilan. 
Selain memiliki banyak ayunan pantai ini cukup unik dan cukup lengkap, pasalnya pantai ini juga mempunyai ‘gosong’ dan bukit indah dengan view luas berpanorama atau landscape yang bagus. Pantai Annora terletak diujung utara pulau Karimun Jawa yang berbatasan dengan desa Kemujan, disekitar pantai Annora juga terdapat pantai Yamin dan pantai Kemloko (ada 2 pantai Kemloko, letak pantai Annora ada di antara 2 pantai Kemloko tsb).
Untuk menuju Pantai Annora, dari lapangan/ alun-alun Karimun Jawa cukup berkendara naik menuju desa Kemujan, sebelum sampai di desa Kemujan nanti akan ada palang denah lokasi Dusun Cikmas, di denah tersebut terdapat rute menuju pantai Yamin dan pantai Kemloko, disitu tidak dituliskan pantai Annora, namun ketika itu saya penasaran dengan pantai Yamin dan pantai Kemloko dan malah menemukan pantai indah dengan icon ayunan yang bernama pantai Annora.
Pantai yang bisa kita kunjungi tanpa harus menyeberangi laut saat di Karimunjawa. Pantai yang cukup tenang, banyak tempat teduhnya, serta pantai yang sudah dilengkapi dengan tempat sampah, warung, dan toilet. Hal yang terpenting di sini adalah, bagaimana kita menikmati suasana pantai dengan tetap ikut menjaga kebersihannya.

20. PANTAI TANJUNG JABE (BUNGA JABE BEACH)
 
Pantai Bunga Jabe di desa Kemujan, Pantai dibaratnya pantai Barakuda yang terletak di desa Kemujan (lupa namanya karena tidak ada papan namanya dan saya tidak sengaja menemukannya berkat warga sekitar), Pantai Annora di desa Kemujan, Pantai Kemlokodi desa Kemujan, dan 1 pantai lagi yang saya lupa namanya yang letaknya juga di desa Kemujan (kalau yang ini saya lupa mencatat namanya, dan coba cari di google tidak nemu). Kali ini saya akan membahas tentang Pantai Bunga Jabe, Pantai dengan sentuhan seni yang tertata rapi yang kental akan suku Bugis.
pantai Bunga Jabe terletak disebelah timur bandara Dewandaru di desa Kemujan, sekitar 1-1,5jam perjalanan menggunakan motor dari lapangan pulau Karimun. Dengan rute dari lapangan naik terus kearah kiri melewati beberapa pantai di pulau karimun (tanjung Gelam, dll), lalu melewati trekking mangrove tepat setelah perbatasan pulau Karimun dengan desa Kemujan, setelah itu akan menemui bandara, terus saja nanti dikanan jalan akan ada palang kayu bertuliskan ‘Bunga Jabe Beach’. Letaknya dipinggir jalan samping bandara dewandaru, begitu kita masuk area pantai yang tidak terlalu luas ini mata kita akan dimanjakan oleh ornamen-ornamen dari kayu dan batu, dan rumah adat Suku Bugis. Pantai ini sangat berkonsep dan bersih sehingga sangat cocok untuk melepas lelah.
Desa Kemujan dihuni oleh 2 suku, yaitu suku Jawa dan Bugis, dan Pantai Bunga Jabe ini sudah masuk kawasan suku Bugis, maka jangan kaget kalau di desa Kemujan banyak ditemukan rumah panggung dan bahasanya bukan bahasa Jawa. Kabarnya Pantai Bunga Jabe masih dalam proses pengembangan yang nantinya akan menjadi sebuah resort/ penginapan. Ketika saya berkunjung baru ada 1 rumah adat suku Bugis dan 1 warung kecil dan ornamen lengkap disekitar pantai.
Banyak kelebihan dari pantai ini, contohnya beberapa bangunan dan ornamen buatan tangan pemuda lokal yang membuat beda dari pantai-pantai lain, juga alamnya sendiri sangat mendukung, pepohonan rindang, dan ada pohon kelapa yang cukup penden dan melengkung seperti di Pantai Tanjung Gelam di pulau Karimun Jawa, dan ada keunikan lainnya adalah adanya ‘gosong’ (hamparan pasir ditengah laut) ditengah laut seperti di Pulau gosong Kep. Karimun Jawa.
Selain itu banyak sekali tempat duduk alami yang dibuat dari bebatuan dan kayu-kayu bekas yang tertata rapi, ayunan, dankursi malas beserta meja dan tempat untuk bakar-bakar. dan yang lebih menariknya lagi, saya bisa bermain dengan anjing milik warga sekitar yang bernama Billy dipinggir pantai, rasanya seperti pantai milik sendiri. Keindahan Kep. Karimun Jawa tidak hanya bawah lautnya, tapi juga pantainya, hutannya, dan masyarakatnya.

21. BUKIT LOVE DAN SCULPTURE KARIMUNJAWA
Karimunjawa juga ada bukit yang bisa dipakai untuk melihat pemandangan laut yang indah dari atas bukit, namanya adalah Bukit Love. Bukit ini terletak didusun Jatikerep Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara, tepatnya dibelakang SD Karimunjawa  3, letaknya tidak jauh dari pusat kota. Dikenal dengan mana bukit love karena dibangunnya sebuah tugu berbentuk huruf love. Disini anda akan disuguhkan batu bertulisan "LOVE" dan Sculpture Bertuliskan "KARIMUNJAWA" yang terletak di atas bukit yang mengarah ke laut dengan panorama bukit dan hamparan laut yang luas, dan disini juga salah satu tempat sunset point yang indah di Karimunjawa.
Selain sekedar melepas penat dengan menikmati suasana senja, di kawasan Bukit Love wisatawan juga dapat menikamti tantangan bersepeda gunung. Jalur naik turun di perbukitan dapat memacu adrenalin. Kalau mau bersepeda mencari tantangan juga bisa, di sinilah tempatnya untuk bersepeda medannya keren dan menantang, seperti kata para petualang bersepeda di Karimunjawa sangat menyenangkan.
Selain itu juga kita bisa berfoto ria dibangunan love ini. Sangat menyenangkan bukan, kalau kita berfoto dengan keluarga atau orang yang kita sayangi dibukit ini. Tidak ada salahnya kalau kita mengunjungi Pulau Karimunjawa lalu mengunjungi tempat ini. Akses jalannyapun sangat mudah dijangkau. Jangan lupa sempatkan untuk berfoto ditulisan “love” ini. Dan yang pasti jadilah wisatawan yang bijak dengan tidak mencoret-coret fasilitas apapun apalagi membuang sampah sembarangan.

22. KARIMUNJAWA BUTTERFLY PARK
Selain menyuguhkan wisata alam yang menarik, Karimunjawa juga menawarkan wisata buatan yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Karimunjawa Buterfly Park. Tak sulit untuk menemukannya karena lokasinya masih cukup dekat dengan pusat kota atau alun-alun Karimunjawa.
Sebagaimana namanya, di lokasi ini pengunjung bisa melihat taman yang dihuni oleh ratusan kupu-kupu. Jenisnya pun beragam, mulai dari kupu-kupu yang banyak ditemukan hingga beberapa jenis langka.
Para pengunjung akan lebih mengenal dan mendapatkan edukasi tentang kupu-kupu dari beberapa spesies yang dikembangbiakkan di taman kupu-kupu karimunjawa.
Selain melihat kupu-kupu, penguunjung juga dapat menikmati 3D Art Gallery Foto, bioskop 3D Cinema, Jade Massage Theraphy dan Resto butterfly park.
Selain berfungsi sebagai pusat konservasi dan tempat wisata, Taman kupu-kupu karimunjawa juga sering dimanfaatkan sebagai tempat penelitian.
Berbagai tanaman di taman ini juga menarik untuk diperhatikan satu per satu. Beberapa tanaman, didatangkan dari luar untuk mengisi taman ini. Tak ketinggalan ikon kupu-kupu berukuran besar yang berada di tengah-tengah taman juga menghiasi obyek wisata ini.
Tak hanya melihat kupu-kupu dan cantik menari di taman, saat mengunjungi obyek wisata ini pengunjung juga bisa menyaksikan proses perkembangbiakan kupu-kupu. Selain itu, kita juga bisa melihat beberapa species kupu-kupu yang sudah diawetkan. Cukup menarik bukan?